Kamu tertarik terjun ke dunia advertising? Kalau iya maka kamu perlu menyimak perbincangan ringkas Yellowcabin.com dengan Lenny Susanti, Account Manager biro periklanan Ogilvy.

Lenny, begitu ia akrab disapa, awalnya tidak terpikir untuk berkarier di industri periklanan; hingga akhirnya model kerja yang tidak monoton dan bisa mengetahui proses komunikasi produk atau brand dari hulu ke hilir dianggapnya jadi seni menarik sekaligus magnet yang membuatnya berkecimpung di bidang periklanan.

Kini, ia menjadi bagian dari tim account management, yang membuatnya ibarat poros dari suatu project komunikasi; mulai dari menerima brief dari klien, menerjemahkan brief itu ke tim kreatif dan memastikan output-nya menjawab brief secara akurat.

Ia melakukan koordinasi dengan produser untuk keperluan produksi, bekerja dengan tim media, humas, digital, event, dan lainnya untuk mengelola campaign produk atau brand tertentu.

Belum lagi tugas administrasi, seperti filing sampai quotation. Fiuh! Banyak ya?

via GIPHY

Langsung aja simak obrolan (juga beberapa tip untuk kamu yang pingin terjun ke dunia periklanan) dengan Lenny di bawah ini:

Basic knowledge atau skill apa yang perlu dimiliki untuk terjun ke bidang periklanan?

  1. Advertising background is a plus, tapi nggak menutup kemungkinan juga dari jurusan lainnya.
  2. Mahir berbahasa Inggris, bicara dan menulis; karena besar kemungkinan kita akan berhubungan dengan banyak orang dari berbagai negara, entah itu atasan atau klien; dan juga penting untuk daily correspondence.
  3. Mampu beradaptasi dengan cepat dan talkative; karena agency selalu mengenai team work. Jadi penting sekali untuk saling bertukar pikiran atau mengeluarkan pendapat.

Apa tantangan yang mesti dihadapi para mahasiswa fresh graduate yang ingin bekerja di agency multinasional?

Di multinational agency kami sering bekerja dengan banyak orang dari berbagai negara; entah itu yang di Jakarta atau tim regional dan global yang lokasinya di negara tetangga atau Eropa; maka bahasa jadi faktor penting, karena pasti digunakan dalam komunikasi dan korespondensi sehari-hari. Hal ini pula yang jadi salah satu faktor penentu saat interview —masuk kerja.

Apa tip untuk mahasiswa yang berminat berkecimpung di industri periklanan?

  1. Punya passion, komitmen, dan dedikasi; karena untuk menjalaninya sama sekali nggak gampang. Banyak yang mengira bekerja di advertising itu enak karena waktu kerjanya fleksibel, bisa pakai baju kasual ke kantor, dsb. Padahal banyak banget yang mesti dikerjain, kadang harus lebur, mengatasi komplain dari klien, dan masih banyak lagi.
  2. Selalu mau belajar dari berbagai hal yang kita kerjakan dari senior.
  3. Start dari magang, dan gunakan kesempatan itu sebaik-baiknya untuk belajar. Biasanya perusahaan lebih memilih menerima fresh graduate yang sudah memiliki pengalaman, walau hanya magang, daripada tidak sama sekali.

Nah, kalau kamu beneran serius mau terjun ke dunia advertising, ayo persiapkan diri kamu dengan baik!

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry