Jelang akhir tahun ini, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa atau ringkas dikenal sebagai Badan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyematkan penghargaan pada media cetak yang paling baik dalam penggunaan bahasa Indonesia.

Penghargaan ini diberikan pada acara yang berlangsung di Aula Pusat Strategi dan Diplomasi Kebahasaan, Sentul, Jawa Barat, Selasa kemarin (29/12/2015).

media cetak penggunaan bahasa indonesia terbaik

Siapa media cetak yang dianggap paling apik dalam penggunaan bahasa Indonesia menurut Badan Bahasa?

Harian Kompas lah yang terpilih sebagai media terbaik untuk urusan ini. Menyusul di posisi kedua ada Republika, dan Koran Tempo di tempat ketiga.

Media lain yang mengikuti setelahnya secara berurutan adalah Media Indonesia (4), Radar Bogor (5), Suara Pembaruan (6), Riau Pos (7), Warta Kota (8), Solo Pos (9), dan Jawa Pos (10).

Penilaian terhadap media cetak yang paling baik dalam penggunaan bahasa Indonesia ini dilakukan medio November dan melibatkan pakar bahasa, ahli komunikasi, wartawan, dan organisasi profesi.

Aspek kebahasaan yang dipertimbangkan dalam penilaian adalah bentuk dan pilihan kata, ejaan, kalimat, penalaran, dan paragraf serta wacana.

Menurut Dr. Hurip Danu Ismadi dari Badan Bahasa, penghargaan semacam ini diberikan sebagai apresiasi pada media yang memberikan kontribusi terhadap penggunaan bahasa Indonesia yang baik.

Kepala Pusat Pembinaan, Prof. Dr. Gufran Ali Ibrahim juga menambahkan, kalau penghargaan ini juga dorongan agar media massa turut merawat dan mengutamakan bahasa Indonesia dalam kegiatannya.

Globalisasi dan makin banyaknya kosakata bahasa asing yang lazim muncul dalam berbagai rubrik konten sampai iklan di berbagai saluran media Tanah Air juga jadi pertimbangan, dan dianggap perlu dibendung dengan kebanggaan menggunakan bahasa Indonesia.

Selain itu, memang ada aturan resmi soal bahasa ini: Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan pasa 29 ayat (1) menyebutkan, “Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam informasi melalui media massa.”


Sumber foto: iqmaltahir.files.wordpress.com

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry