Foto jurnalistik merupakan salah satu jenis konten yang penting untuk mendukung penyajian berita. Teks saja mungkin sudah cukup untuk memberikan informasi, tapi foto bisa jadi unsur visual yang memperkuat daya penyajian berita.

Fotografi dalam bidang jurnalistik, menurut Bramayanti Krismasakti yang mengajar foto jurnalistik di Universitas Prof.Dr.Moestopo (Beragama) memiliki kriteria dasar agar layak mendukung sajian berita dan memancing minat khalayak untuk makin tertarik mengonsumsi konten berita.

Apa saja? Berikut daftarnya:

1. Hangat

Berita aktual harus disajikan foto terkini, karena foto juga alat untuk membuktikan peristiwa atau fakta secara visual. Jadi, foto jurnalistik pun mesti tak kalah aktual dengan teksnya.

2. Faktual

Entah hard news pun soft news, unsur faktual pada foto jurnalistik adalah wajib. Karena kalau foto yang disajikan dalam berita merupakan hasil rekayasa atau tidak sesuai dengan peristiwa sebenarnya, foto itu tak hanya tidak layak terbit menemani berita, tapi juga melanggar kode etik jurnalistik.

3. Informatif

Foto jurnalistik bukan sekadar gambar, tapi juga memiliki informasi yang memperkaya berita teksnya. Poin ini menegaskan dan mempraktikkan istilah “Satu gambar bermakna seribu kata.”

4. Misi

Penyajian foto jurnalistik mesti memiliki motivasi atau tujuan yang terang. Secara visual, objek yang ditekankan harus jelas terlihat, komposisi gambar pun menunjukkan pokok pikiran yang ingin disampaikan.

Kualitas foto jurnalistik yang bagus adalah mampu menggugah perasaan dan pikiran khalayak konsumen berita, agar bisa turut memaknai pesan yang ditampilkan lewat foto.

5. Gema

Maksudnya adalah efek berkepanjangan dari sebuah foto. Bayangkan ada foto peristiwa yang kemudian banyak dibahas publik, entah sekadar berkomentar atau menggelitik pemahaman atau keyakinan publik.

6. Atraktif

Elemen yang membuat karya foto menarik adalah (kita) yang melihatnya langsung bisa menangkap point of interest dari foto yang kita pendangi. Maka, upayakan tiap foto memiliki titik utama untuk diperhatikan, jangan asal menangkap momen.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry