[Lanjutan dari pesan iklan cetak dengan visual]

Pesan iklan cetak yang mengandalkan hanya pada kekuatan teks mungkin sudah jarang ditemukan saat ini. Apalagi teks yang panjang dan memenuhi satu halaman penuh surat kabar tanpa ada gambar yang mendukung. Hal ini bisa dipahami karena kita sudah terbiasa dengan pesan informasi yang singkat dan padat pada 140 karakter.

Bukan berarti kekuatan teks pada komunikasi pesan iklan cetak tidak memiliki stopping power untuk menarik perhatian orang. Berikut ini adalah 14 iklan cetak yang hanya mengandalkan kekuatan teks atau copywriting dalam menyampaikan pesan:

Gb. 1: Avis ini adalah legenda dari sebuah iklan cetak yang mengandalkan kekuatan teks. Pada umumnya, iklan selalu berisi pesan yang superlatives tetapi Avis berani berkata bahwa dia No.2 bukan No.1. Makna pesan komunikasi apa yang kamu dapat?

Gb. 2: Iklan cetak untuk mempromosikan sebuah website photo library. Sebuah website foto dipromosikan dengan sebuah iklan cetak yang tidak ada sedikit pun gambar. Iklan cetak ini dibuat oleh seorang legenda periklanan bernama Neil French.

Gb. 3: Iklan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang merokok dengan kanker paru-paru. Apa yang kamu dapatkan dari pesan komunikasi ini?

Gb. 4: VW pernah mengeluarkan iklan seperti ini untuk meningkatkan kesadaran agar tidak berkirim pesan saat mengendarai mobil.

Gb. 5: Apakah kamu paham pesan komunikasinya?

Gb. 6: The Webby Awards adalah sebuah ajang penghargaan untuk semua hal yang ada di internet. Dan ini adalah salah satu iklan yang dibuat oleh Webby Awards dalam rangka merayakan ulang tahun mereka ke-20. Tema dari iklan ini adalah “The Internet Can’t Be Stopped”. Dibuat hanya dengan teks dan bercerita tentang sejarah internet.

Gb. 7: Ini salah satu iklan cetak favorit saya. Kampanye iklan yang dilakukan sebuah surat kabar di Inggris bernama The Economist ini cukup unik. Hanya menggunakan teks putih dengan latar belakang merah, The Economist menyampaikan pesan untuk meningkatkan kesadaran publik tentang brandnya. Jika kamu bisa menangkap makna pesan dari iklan cetak The Economist ini maka kamu cerdas!

Gb. 8: Sebuah iklan cetak dari sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang bantuan konsultasi dan psikologi yang dibuat hanya dengan menggunakan copy teks dan terinspirasi dari surat bunuh diri. Pesan yang ingin disampaikan adalah bahwa dalam sebuah surat bunuh diri (kiri) tetap terdapat kata-kata yang jika disusun kembali adalah tentang harapan dalam hidup (kanan). Hal ini juga tertulis dalam tagline dari organisasi ini, yakni “Inside every suicide is someone who wants to live.” Catatan: Kabarnya, surat bunuh diri dalam iklan ini adalah otentik.

Gb. 9: Pesan nyinyir yang dilakukan Durex kepada mereka yang memakai produk pesaingnya. Ya, hanya sebatas teks karena selebihnya adalah “Luke, I am your father.” LHOH?! (^gara-gara Starwars).

Gb. 10: Sebuah seri iklan cetak dari Lego dengan mengandalkan sebuah teks yang pada tiap halamannya ada sebuah brick Lego dengan cerita skenario tentang bagaimana seorang anak melihat satu brick Lego tersebut. Pada bagian terakhir seri iklan ini ditutup dengan call to action yang menantang target audience untuk membangun skenarionya sendiri.

Gb. 11: Apakah kamu tau ini iklan cetak untuk apa? Ya ini iklan cetak untuk mempromosikan praktek dokter mata. Yang membuat iklan ini menarik adalah tulisan di akhir surat itu, yakni “Is it difficult for you to read these letters? If it is please drop by for a free eye test.”

Gb. 13: Sported, sebuah organisasi dan komunitas yang fokus pada kegiatan remaja dan olah raga. Meskipun iklan cetak ini menggunakan gambar tapi teksnya tetap dominan dan merupakan titik sentral dari pesan yang ingin disampaikan. Dua paragraf teks dalam iklan ini sama hanya dibedakan judulnya saja. Apakah kamu bisa mendapatkan pesan iklan cetak ini?

Gb.14 : Iklan cetak dari sebuah perusahaan mainan Mattel yang memproduksi permainan kata Scrabble. Iklan cetak yang hanya dalam bentuk teks ini adalah sebuah kisah cinta.

Sebuah pesan komunikasi bisa disampaikan dengan cara dan gaya bermacam-macam. Mau cuma pake teks saja boleh, mau ada gambarnya juga boleh, mau ada teks tapi gambarnya jelek ya gak papa, mau gak pake teks dan gak pake gambar juga fine.

Selama pesan yang ingin kamu sampaikan bisa diterima dan dipahami oleh orang lain (target audience) itu sudah cukup. Apakah nanti mereka tergerak untuk melakukan aksi atau tindakan seperti yang kamu harapkan dari iklan tersebut adalah urusan lain.

Yang penting sekarang saya mau kasih bonus video dulu. Ini adalah iklan yang sama dari Mattel Scrabble di atas tetapi dalam bentuk video dan ditayangkan di Youtube. Atau mungkin juga ditampilkan sebagai TVC di negera asalnya. Entahlah…

https://www.youtube.com/watch?v=nOgcEykrdXI&feature=youtu.be

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry