Sudah jadi pengetahuan umum kalau Twitter adalah salah satu media sosial yang paling banyak dan aktif digunakan; tak hanya di dunia, tapi juga di Indonesia. Karena alasan itu pula Twitter membuka kantor di Indonesia pada Maret 2015.

Banyak hal bisa dibicarakan di timeline (linimasa) Twitter, mulai dari yang remeh, soal tokoh, sampai urusan negara.

Kalau penting atau menyentuh banyak orang, pembicaraan itu bisa mendapatkan ribuan Retweet, atau bahkan masuk ke dalam daftar yang populer dikenal sebagai trending topics.

Senin (7/12/2015) kemarin, Twitter merilis catatan akhir tahun, tentang topik dan tweets terpopuler di dunia sepanjang 2015. Tak hanya itu, cabang Twitter di Indonesia pun mengabarkan hal serupa khusus untuk perbincangan di Twitter di Indonesia.

Di tingkat dunia, peristiwa serangan teroris di Paris, Prancis, menjadi percakapan paling berpengaruh tahun ini:


Topik lain yang mencuat muncul dalam diskusi paling populer di tingkat global dan sempat ramai juga di Indonesia, adalah perdebatan yang bikin sakit kepala soal gaun berwarna biru-hitam atau putih-emas:

Selain itu, salah satu tweet dari setiap anggota grup musik One Direction termasuk dalam 10 tweets paling banyak di-Retweet sepanjang 2015.

Bagaimana dengan perbincangan di linimasa Twitter di Indonesia?

Ramadhan 2015 muncul sebagai topik terpopuler di Tanah Air dengan perkiraan 1,6 miliar tweets.

tren twitter ramadhan 2015

Pemetaan percakapan Ramadhan di dunia pada 2015.

Menyusul berikutnya, tentang kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatera. Salah satu tagar paling populer terkait isu ini adalah #MelawanAsap.

Ada pula topik kompetisi olahraga Piala Presiden (khususnya pertandingan sepakbola antara Sriwijaya FC dan Persib Bandung di babak final), wafatnya bintang televisi Olga Syahputra, dukungan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lewat tagar #SaveKPK, dan hari kemerdekaan Indonesia ke-70 yang sempat memunculkan tagar #RI70 ke dalam daftar trending topics dunia.

Sementara tweet yang paling banyak di-Retweet berasal dari akun selebriti Raffi Ahmad yang memuat pesan duka untuk rekan sekaligus sahabatnya Olga Syahputra yang meninggal pada 27 Maret 2015.

https://twitter.com/RaffiAhmadLagi/status/581429420377792512

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry