Candra Irawan: Jurnalis itu penyampai kebenaran

“The duty of journalists is to share the truth. Journalism means you go back to the actual facts, you look at the documents, you discover what the record is, and you report it that way.” —Noam Chomsky

Tugas utama jurnalis, seperti dikutip dari ilmuwan sosial Noam Chomsky di atas, adalah penyampai kebenaran. Peran itu pula yang bikin lelaki bernama Candra Irawan kepincut jadi wartawan sejak kecil.

Meski sempat bekerja nyaman sebagai pegawai bank, passion lelaki ini di bidang jurnalistik membuatnya banting setir jadi jurnalis televisi. Kini wajahnya sering muncul di layar kaca sebagai reporter di MNC Media.

Candra yang semasa berkuliah di Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. DR. Moestopo (Beragama) pernah mengikuti kompetisi public relations (PR) tingkat nasional ini menilai pekerjaan jurnalistik itu menantang sekaligus menyenangkan.

Sebagai wartawan di media elektronik ia mengaku sangat menikmati alur peliputan, penulisan naskah, penyuntingan, sampai akhirnya berita yang digarapnya layak tayang di televisi.

“Melihat berita saya tayang di televisi itu kepuasan tersendiri,” ujarnya mantap.

jurnalis candra irawan

Candra saat bertugas melaporkan peristiwa di lapangan.

Pengalaman yang mengesankan Candra saat melakukan peliputan adalah ketika ditugaskan meliput peristiwa kriminal, yang sebetulnya bikin nyalinya ciut.

Namun, perasaan itu berangsur surut karena seiring waktu ia makin yakin, seburuk apapun peristiwa yang ia hadapi, lebih penting menyampaikan beritanya pada masyarakat.

Sisi positif yang ia rasakan adalah kesempatan berkeliling Indonesia, menyaksikan indahnya keberagaman budaya, yang sekaligus menempa mental dan pengalamannya.

Menurutnya kini, tantangan jadi jurnalis bukan sekadar keraguan menghampiri daerah rawan kejahatan, tapi mempertahankan idealisme dari tuntutan pemilik media yang bisa melenceng dari prinsip jurnalistik demi bertahan di tengah ketatnya persaingan industri.

Jika hal itu terjadi, ia mengatakan untuk tetap ingat dengan semangat dasar jurnalistik sebagai penyampai kebenaran pada masyarakat.

Lelaki ini pun menjadikan pewarta dan produser televisi Helmi Johannes sebagai sosok panutan. Maka itu ia pun berharap bisa menjalani karier jurnalistiknya seperti Helmi.

“Saya ingin kelak jadi jurnalis di kantor berita internasional, dan meliput di daerah konflik. Karena kini, menantang bahaya memacu andrenalin saya untuk menyampaikan kebenaran,” pungkasnya.


Catatan untuk jadi jurnalis dari Candra:

  • Pahami teori jurnalistik.
  • Perluas pergaulan dan bangun jaringan untuk mempermudah kegiatan mendapatkan informasi.
  • Selalu update dengan informasi terkini.
  • Baca buku atau serap informasi yang bisa membuka wawasan lebih luas lagi untuk jadi seorang jurnalis.

Biodata

  • Nama: Candra Irawan
  • Tempat dan tanggal lahir: Kediri, 22 Februari 1990
  • Pendidikan: S1 Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. DR. Moestopo (Beragama)
  • Pekerjaan: Reporter (MNC Media)
  • Hobi: Kuliner dan traveling
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

← Previous post

Next post →

1 Comment

  1. aan ahmad

    Good job.. Keep spirit my bro….

Comments are closed.