Lead atau teras berita merupakan bagian dari struktur penulisan berita. Teras berita merupakan paragraf pertama pada berita yang mengandung gambaran umum tentang keseluruhan isi berita.

Elemen ini merupakan faktor yang sangat penting dalam sajian berita karena juga merupakan penggoda atau daya tarik minat khalayak agar terus mengikuti berita. Ibarat musik, seperti intro yang begitu terdengar asyik bisa bikin minat kita terhadap lagu pun muncul.

Seperti apa contoh penggunaan lead pada berita berdasarkan jenis-jenisnya? Berikut uraiannya berdasarkan penjelasan dari dosen bidang jurnalistik di Universitas Prof.DR.Moestopo (Beragama), Nasrullah Kusadjibrata, S.Sos,MSi:

Hard Lead

Jenis yang langsung masuk ke inti cerita dengan cara menunjukkan informasi paling penting dari sebuah peristiwa. Teras berita ini paling umum digunakan pada penulisan berita; dan biasa juga disebut straight lead.

Contoh: “Terjadi baku tembak antara Polri dengan kelompok ISIS di daerah Thamrin, Kamis 14 Januari 2016.

Soft Lead

Tidak langsung masuk ke inti cerita; dan hanya memberikan perspektif atau melemparkan dampak dari inti cerita.

Contoh: “Yogyakarta merupakan tempat tujuan wisata yang menarik, salah satunya Kalibiru. Destinasi wisata yang menyajikan pemandangan gunung dan danau dari atas pohon.

Lead Sapaan

Teras berita yang seolah menyapa atau bicara langsung dengan pembacanya. Biasanya jenis teras berita ini digunakan untuk tulisan feature.

Contoh (pada media khusus wanita): “Kini kamu yang biasa menggunakan kereta api sebagai transportasi untuk beraktivitas sehari-hari, tidak perlu khawatir lagi. Karena PT KAI sudah menyediakan gerbong khusus wanita.

Lead Pertanyaan

Bentuk teras berita yang menggunakan kalimat tanya untuk memikat pembacanya.

Contoh: “Apakah Anda pernah memakan hamburger berwarna hitam?

Lead Payung

Menerangkan secara ringkas rangkuman beberapa fakta tentang pokok atau inti cerita; kadang disebut juga summary lead.

Contoh: “Wisata kuliner ke Food Fighter di Blok M, Jakarta tak hanya memanjakan perut Anda, tapi juga hadir sebagai food court dengan konsep video game. Menunya pun unik dan kekinian, seperti mie hitam, bulgarian waffle, nutella blash, dan masih banyak lagi.”

Penggunaan beberapa teras berita di atas tidak harus salah satu saja, tapi bisa juga kombinasi dari dua atau tiga jenis teras berita. Yang penting untuk dipastikan adalah menarik minat pembaca untuk mengikuti berita atau cerita lebih dalam lagi, karena itulah tujuannya.


Sumber foto: commons.wikimedia.org

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry